Sabtu, 16 Mei 2015

Web dan Blog sebagai media pembelajaran

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarokatu.

Bismillahirrahmanirrahim.
 A. Pengetian Web.
Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Sebenarnya antara www (world wide web) dan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www menjadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dll. Sebenarnya, web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.
Pesatnya perkembangan website di Indonesia tentunya menjadi inspirasi baru bagi para penggiat pendidikan khususnya guru. Banyak guru yang sudah memanfaatkan media ini sebagai media dan pusat belajar di sekolah. Hal ini cukup efektif karena jumlah pengguna internet di Indonesia cukup signifikan, dan mayoritas digunakan oleh para pelajar. Jika teknologi dapat di adaptasi menjadi media dan sumber belajar, tentunya akan sangat membantu guru dan para siswa dalam mengajar dan belajar di sekolah. Ada beberapa manfaat website sebagai media dan sumber belajar di sekolah, antara lain:
  1. Website dapat diakses oleh siapapun di belahan dunia. Dengan web, guru bisa berbagi (sharing) materi pelajaran tidak hanya untuk siswanya tetapi juga setiap orang orang yang membutuhkan pemikiran kita dimanapun mereka berada (unlimited acces), dengan mudah dan murah.
  2. Website sebagai rumah belajar dan berbagi guru. Artinya, kreatifitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui website, seperi kreatifitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya. Karena media cetak cukup terbatas untuk memuat tulisan-tulisan kita, website dapat menjadi penyaluran kreatifitas menulis.
  3. Website dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar. Website akan sangat memudahkan tugas guru, karena segalanya dapat dimasukkan ke dalam website dan siswa dengan mudah mengunduhnya. Tentunya cara tersebut dapat menghemat waktu, tenaga, biaya, dll.
  4. Website dapat menjadi media komunikasi. Karena website dapat di akses oleh siapapun di seluruh dunia, tentunya akan mejadi sarana untuk bertemu secara tidak langsung dan dapat menjalin komunikasi satu sama lain.
  5. Website dapat menjadi sarana aktualisasi diri. Dengan website, kita akan lebih kreatif karena memiliki saran dan wadah menyalurkannya.
B. Pemanfaatan Blog sebagai Media Pembelajaran


https://sudana3307.wordpress.com/2012/07/16/pemanfaatan-website-sebagai-media-pembelajaran-bahasa-inggris/

1 komentar: