Jumat, 20 Maret 2015

Pengelompokan Sistem Informasi, Tingkatan Manajemen, Tipe keputusan dan Tipe Informasi

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum wr. wb.


Pengelompokan Sistem Informasi

Pengelompokan sistem informasi berdasarkan kegunaannya:
1. Sistem yang mendukung operasi:
  • OAS (office automation system) sistem yang mengotomatiskan pekerjaan.
  • PCS (processing control system) sistem yang mengendalikan suatu proses.
  • TPS (transaction processing system) sistem yang memproses jalannya transaksi.
2. Sistem yang mendukung manajemen:
  • MIS (management information system) sistem yang menghasilkan informasi bagi manajemen.
  • DSS (decision support system) sistem yang mendukung keputusan manajemen.
  • EIS (executive information system) sistem yang digunakan untuk eksekutif.
Sistem-sistem lain yang berhubungan dengan sistem informasi:
  • BIS (Bussiness Information system) ; Sistem yang menginformasikan kegiatan/bisnis perusahaan.
  • SIS (Strategic Information system) ; Sistem yang digunakan untuk keunggulan strategi
  • ES (Expert system) ; Sistem yang digunakan untuk menggantikan keahlian/kepakaran tertentu.
  • EUCS (End user computing system) ; Sistem yang dikembangkan atau diorientasikan untuk keperluan pengguna.
Tingkatan Manajemen 
1.      Manajemen Tingkat Atas
Manajemen tingkat teratas dalam pengelompokan level manajemen system informasi yang memiliki pergerakan dan pemikiran yang srategis sebagai penunjang aktiviras dan konektivitas suatu organisasi atau perusahaan.
 2.      Manajemen Tingkat Menengah
Manajemen tingkat menengah dalam pengelompokan level manajemen sistem informasi yang memiliki pergerakan sebagai operaror, connector, acceptor, dan accelator. Yang bergerak pada bidang-bidang tertentu dalam menjalankan tugas masing-masing bagian.
 3.      Manajemen Pendukung
Suatu kelompok terdiri dari 2 orang atau lebih dalam suatu bidang pekerjaan di suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki fungsi sebagai penggerak langsung dan penyaji produk berupa barang, jasa dan juga informasi. Staff berfungsi sebagai pendukung penuh pada kinerja manajement yang ada.
Tipe Keputusan
Keputusan Terstruktur
Keputusan terstruktur adalah keputusan yang berulang-ulang dan rutin, sehingga dapat diprogram. Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pada manajemen tingkat bawah.
Contoh dari keputusan, tipe ini misalnya adalah keputusan pemesanan barang, keputusan penagihan piutang dan lain sebagainya.
Keputusan Setengah Terstruktur
Keputusan setengah terstruktur adalah keputusan yang sebagian dapat diprogram, sebagian berulang-ulang dan rutin dan sebagian tidak tersruktur. Keputusan tipe ini seringnya bersifat rumit dan membutuhkan perhitungan-perhitungan serta analisis yang terperinci.
Contoh dari keputusan tipe ini misalnya adalah keputusan membeli sistem komputer yang iebih canggih. Contoh yang lainnya misalnya adalah keputusan alokasi dana promosi.
 Keputusan Tidak Terstruktur
Keputusan tidak terstruktur adalah keputusan yang tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi. Keputusan ini terjadi di manajemen tingkat atas. Informasi untuk pengambilan keputusan tidak terstruktur tidak mudah untuk didapatkan dan tidak mudah tersedia dan biasanya berasal dari lingkungan luar.
 Tipe Informasi Manajemen
• Informasi pengumpulan data
• Informasi pengarahan perhatian
• Informasi pemecahan masalah
Informasi pengumpulan data merupakan informasi yang berupa akumulasi atau pengumpulan data. Informasi ini berguna bagi manajer bawah untuk mengevaluasi kinerja personil-personilnya.

Informasi pengarahan perhatian merupakan informasi untuk membantu manajemen memusatkan perhatian pada masalah-masalah yang menyimpang, yang tidak efisien dan kesempatan-kesempatan yang dapat dilakukan. Informasi ini akan membantu manajemen menengah untuk melihat penyimpangan-penyimpangan yang terjadi.

Informasi pemecahan masalah merupakan informasi untuk membantu manajer atas mengambil keputusan memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Informasi ini biasanya dihubungkan dengan keputusan-keputusan yang tidak berulang-ulang serta situasi yang membutuhkan analisis yang dilakukan oleh manajemen tingkat atas
 

2 komentar: