Jumat, 13 Maret 2015

Revisi Tugas Mandiri I : Efek Positif dan Negatif dari Sosial Media

Bismillahirahmanirahim.
Assalamualaikum wr.wb.

     puji dan syukur senantiasa dipanjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah banyak memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga sampai saat ini, kita semua masih berada dalam keadaan sehat wal afiat.
     solawat beserta salam, tak kurangnya terus dillafaz kan kepada rasul junjungan alam yakni Muhammad SAW, yang telah banyak memberikan pelajaran penting tentang apa saja yang baik untuk dilakukan serta apa-apa yang harus kita tinggalkan.
     
"Efek Positif dan Negatif dari adanya Sosial Media"

A. Pengantar
   Kita pasti mengetahui yang namanya sosial media. Di zaman yang serba modern sekarang ini, kita sudah sangat bergantung dengan yang namanya teknologi terutama teknologi komunikasi baik itu melalui seluler, maupun internet. Pada seluler kita dapat terhubung dengan orang-orang yang telah kita kenal jika kita telah mengetahui nomor seluler orang tersebut. Lain hal nya dengan internet, pada internet terdapat berbagai macam bentuk media komunikasi yang telah disediakan bagi seluruh manusia agar dapat terhubung, baik itu dengan orang yang telah dikenalnya ataupun dapat juga berkenalan dengan orang-orang baru. Intinya, pada saat sekarang ini, orang-orang sudah sangat bergantung pada internet agar dapat terhubung dan berkomunikasi serta berkenalan dengan hal-hal baru. Dan saat ini, terdapat berbagi macam bentuk media sosial yang menyediakan pelayanan bagi orang-orang yang ingin menjalin hubungan dan komunikasi dalam bentuk apapun.

B. Pengertian Menurut Para Ahli
    Professor J.A Barnes pada tahun 1954. Jejaring sosial merupakan sebuah sistem struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu atau organisasi. Jejaring sosial ini akan membuat mereka yang memiliki kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang telah dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga bisa saling berhubungan.
     Jejaring Sosial Menurut Andreas Kaplan Dan Michael Haenlain ialah seperangkat aplikasi yang berjalan di internet yang memiliki tujuan dasar penggunaan teknologi. 
     Jadi kesimpulannya, jejaring sosial merupakan sebuah aplikasi yang sistematis dan dapat menghubungkan orang atau organisasi guna mencapai tujuan tertentu.

C. Dampak Positif dari adanya Sosial Media
     Di dalam sosial media terdapat berbagai macam hal-hal yang bersifat positif diantaranya:
- Dapat terhubung dengan orang-orang yang telah dikenal seperti keluarga, teman, atau orang-orang yang sudah lama tidak melakukan komunikasi.
-  Dapat menjalin komunikasi dengan orang atau hal-hal baru. 
dengan adanya sosial media, kita telah menjalin silaturahmi dengan orang-orang baru dari seluruh dunia.
- Komunikasi dapat dilakukan dalam jarak yang jauh.
dengan itu, kita dapat berhubungan dengan orang tanpa perlu melakukan pertemuan secara langsung.
- Sebagai sarana untuk mendapatkan informasi-informasi penting.
informasi yang akan didapat seperti peluang kerja, transaksi jual-beli, serta mendapatkan informasi-informasi terkini.
kesimpulannya adalah dengan adanya sosial media, jaringan pertemanan, kekeluargaan serta pekerjaan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

D. Dampak Negatif dari Sosial Media
    Sosial media juga dapat memberikan dampak yang negatif bagi para pengguna internet yang menggunakannya secara tidak terkontrol. sebagai contoh:
- Lupa waktu.
dalam penggunaan sosial media, kita harus mengingat waktu. terkadang penggunaan internet yang berlebihan menyebabkan penggunanya lupa untuk makan, belajar, dan tidur sehingga rentan akan penyakit.
- Melakukan kejahatan.
seperti yang terdapat didalam berita-berita di televisi. banyak kejahatan yang terjadi akibat dari penggunaan media yang tidak terkontroll.
- Menimbulkan penyakit malas.
orang yang menggunakan media sosial secara berlebihan dapat menimbulkan rasa malas seperti: malas untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, malas untuk bekerja serta kurangnya kepedulian terhadap keadaan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar